Rabu, 30 Desember 2009

persepsi dalam pembelian produk

Persepsi merupakan proses yang terjadi di dalam diri individu yang dimulai dengan diterimanya rangsang, sampai rangsang itu disadari dan dimengerti oleh individu sehingga individu dapat mengenali dirinya sendiri dan keadaan di sekitarnya (Bimo Walgito).

Persepsi juga dapat diartikan merupakan proses pengorganisasian dan penginterpretasian terhadap stimulus oleh organisme atau individu sehingga didapat sesuatu yang berarti dan merupakan aktivitas yang terintegrasi dalam diri individu (Davidoff).

Persepsi juga mencakup konteks kehidupan sosial, sehingga dikenallah persepsi sosial. Persepsi social merupakan suatu proses yang terjadi dalam diri seseorang yang bertujuan untuk mengetahui, menginterpretasi, dan mengevaluasi orang lain yang dipersepsi, baik mengenai sifatnya, kualitasnya, ataupun keadaan lain yang ada dalam diri orang yang dipersepsi sehingga terbentuk gambaran mengenai orang lain sebagai objek persepsi tersebut (Lindzey & Aronson).

Sehingga dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi merupakan proses yang terjadi di dalam diri manusia atau individu terhadap stimulus atau rangsangan dan rangsangan tersebut akan dimengerti sehingga membuat individu tersebut dapat mengenali dirinya sendiri dan keadaan sekitarnya. dan dengan adanya persepsi akan membuat seseorang dalam keputusan pembelian produk sebelum membeli produk tersebut. apakah sudah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari atau produk tersebut dapat berguna untuk sekarang sampai kedepannya. sehingga konsumen tidak merasa rugi telah membeli produk-produk tersebut.

http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/1837978-definisi-persepsi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar