Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk bagi konsumen maupun produsen yang umumnya dinyatakan sebagai satuan moneter uang.
Fungsi harga
Bagi perusahaan maupun konsumen, harga berfungsi sebagai:
Penentuan harga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Faktor-faktor Internal meliputi:
TAHAP PENENTUAN HARGA
Beberapa langkah-langkah yang diperlukan dalam menentukan harga untuk produk baru adalah sebagai berikut:
Buku: Dasar pemasaran
Oleh: Teguh Budiarto
Penerbit: Universitas Gunadarma
Apabila masih ada kesalahan dalam penulisan blog ini. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
Fungsi harga
Bagi perusahaan maupun konsumen, harga berfungsi sebagai:
- Sumber pendapatan dan atau keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen.
- Pengendalian tingkat permintaan dan penawaran.
- Mempengaruhi program pemasaran dan fungsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan.
- Mempengaruhi perilaku konsumsi dan pendapatan masyarakat.
Penentuan harga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Faktor-faktor Internal meliputi:
- Tujuan pemasaran (biaya, penguasaan pasar, dan usaha).
- Strategi marketing-mix (aspek harga dan non harga).
- Organisasi (struktur, skala, dan tipe).
- Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar.
- Harga persaing dan reaksi dari pesaing terhadap perubahan harga.
- Lingkungan eksternal yang lainnya dari lingkungan mikro dan lingkungan makro.
TAHAP PENENTUAN HARGA
Beberapa langkah-langkah yang diperlukan dalam menentukan harga untuk produk baru adalah sebagai berikut:
- Memilih tujuan dan orientasi harga.
- Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya.
- Memperkirakan biaya dan perilakunya.
- Melakukan analisis perilaku pesaing.
- Menentukan strategi harga.
- Menyesuaikan harga akhir.
Buku: Dasar pemasaran
Oleh: Teguh Budiarto
Penerbit: Universitas Gunadarma
Apabila masih ada kesalahan dalam penulisan blog ini. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
top.. keren.... nak kuliahan yah..??
BalasHapusiyaaa.
Hapusthx buat komentar na. :)