Minggu, 27 September 2009

FAKTOR-FAKTOR HARGA

Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk bagi konsumen maupun produsen yang umumnya dinyatakan sebagai satuan moneter uang.

Fungsi harga
Bagi perusahaan maupun konsumen, harga berfungsi sebagai:
  1. Sumber pendapatan dan atau keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen.
  2. Pengendalian tingkat permintaan dan penawaran.
  3. Mempengaruhi program pemasaran dan fungsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan.
  4. Mempengaruhi perilaku konsumsi dan pendapatan masyarakat.
Faktor Penentu Harga
Penentuan harga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Faktor-faktor Internal meliputi:
  • Tujuan pemasaran (biaya, penguasaan pasar, dan usaha).
  • Strategi marketing-mix (aspek harga dan non harga).
  • Organisasi (struktur, skala, dan tipe).
Faktor-faktor Eksternal meliputi:
  • Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar.
  • Harga persaing dan reaksi dari pesaing terhadap perubahan harga.
  • Lingkungan eksternal yang lainnya dari lingkungan mikro dan lingkungan makro.
Harga selalu bisa berubah-ubah atau tidak ada batasannya. Penentuan harga terbatasi oleh permintaan(Customer Demand), biaya (Cost) dan persaingan (Competation).

TAHAP PENENTUAN HARGA

Beberapa langkah-langkah yang diperlukan dalam menentukan harga untuk produk baru adalah sebagai berikut:
  • Memilih tujuan dan orientasi harga.
  • Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya.
  • Memperkirakan biaya dan perilakunya.
  • Melakukan analisis perilaku pesaing.
  • Menentukan strategi harga.
  • Menyesuaikan harga akhir.
Referensi diambil dari
Buku: Dasar pemasaran
Oleh: Teguh Budiarto
Penerbit: Universitas Gunadarma

Apabila masih ada kesalahan dalam penulisan blog ini. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

2 komentar: