Minggu, 27 September 2009

FAKTOR-FAKTOR HARGA

Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk bagi konsumen maupun produsen yang umumnya dinyatakan sebagai satuan moneter uang.

Fungsi harga
Bagi perusahaan maupun konsumen, harga berfungsi sebagai:
  1. Sumber pendapatan dan atau keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen.
  2. Pengendalian tingkat permintaan dan penawaran.
  3. Mempengaruhi program pemasaran dan fungsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan.
  4. Mempengaruhi perilaku konsumsi dan pendapatan masyarakat.
Faktor Penentu Harga
Penentuan harga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Faktor-faktor Internal meliputi:
  • Tujuan pemasaran (biaya, penguasaan pasar, dan usaha).
  • Strategi marketing-mix (aspek harga dan non harga).
  • Organisasi (struktur, skala, dan tipe).
Faktor-faktor Eksternal meliputi:
  • Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar.
  • Harga persaing dan reaksi dari pesaing terhadap perubahan harga.
  • Lingkungan eksternal yang lainnya dari lingkungan mikro dan lingkungan makro.
Harga selalu bisa berubah-ubah atau tidak ada batasannya. Penentuan harga terbatasi oleh permintaan(Customer Demand), biaya (Cost) dan persaingan (Competation).

TAHAP PENENTUAN HARGA

Beberapa langkah-langkah yang diperlukan dalam menentukan harga untuk produk baru adalah sebagai berikut:
  • Memilih tujuan dan orientasi harga.
  • Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya.
  • Memperkirakan biaya dan perilakunya.
  • Melakukan analisis perilaku pesaing.
  • Menentukan strategi harga.
  • Menyesuaikan harga akhir.
Referensi diambil dari
Buku: Dasar pemasaran
Oleh: Teguh Budiarto
Penerbit: Universitas Gunadarma

Apabila masih ada kesalahan dalam penulisan blog ini. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

KLASIFIKASI PRODUK

Produk adalah sesuatu yang bias di tawarkan kepada produsen untuk dikonsumsi pasar kembali sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.


Konsep Produk Total adalah keseluruhan manfaat atas produk yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen.


Konsep Tingkatan Produk

Rancangan produk adalah Pemahaman produsen sebagai uasaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Produsen menjabarkan persepsi dan preferensi konsumenmelalui rancangannya.

Rancangan produk total meliputi 5 tingkatan yaitu:

  1. Produk Utama (core binefit) sebagai manfaat kebutuhan konsumen
  2. Produk Generik (Generic Produck) sebagai fungsional kebutuhan konsumen
  3. Produk Harapan (Exventive Produck) sebagai kelayakan kebutuhan konsumen
  4. Produk Pelengkap (Augmentide Produck) sebagai kepuasan kebutuhan konsumen
  5. Produk Potensial (Potencial Produck) sebagai masa depan kebutuhan konsumen

Produk tersebut bersifat nyata (Tangibable) dan bersifat tidak nyata (Intangibable) keduannya bersifat tidak begitu jelas.

Contoh dari bersifat nyata : paku dan perabot

Contoh dari bersifat tidak nyata : salon dan konsultasi

Contoh dari ke 2 sifat yang tidak jelas : restoran dan bengkel


KLASIFIKASI PRODUK


Klasifikasi produk bertujuan untuk memperoleh kelompok produk yang berprilaku seragam atau hampir seragam. Klasifikasi umum dapat dibedakan berdasarkan siapa konsumennya dan untuk apa produk tersebut di konsumsi. Produk di bedakan menjadi produk Konsumen (Consumen’s goods) dan produk Industrial (Industrial’s goods).

  • Produk Konsumen adalah Produk yang dikonsumsi untuk kepentingan konsumen.
  • Produk Industrial adalah Produk yang dikonsumsi oleh industriawan / (konsumen antera) untuk kepentingan lain yaitu untuk diubah dan diproduksi kembali menjadi produk lain kemudian dijual lagi kepada produsen atau dijual kembali kepada pedagang tanpa dilakukan tranformasi fisik.

Jasa adalah Produk yang tidak nyata atau tidak dapat dilihat tetapi hanya dapat dirasakan sewaktu dikonsumsi.

Karakter jasa dapat di golongkan sebagai berikut :

  1. Intangible
  2. Inseparable
  3. Varieble
  4. Perishable

Dengan menulis ini semoga semua yang membaca blog saya dapat mengetahui berbagai klasifikasi tentang produk. dan mungkin selama ini kita telah banyak mengenal berbagai jenis produk dari jenis makanan, minuman, sabun mandi, shampo dan lain-lain. kita juga menggunakan produk tersebut untuk kebutuhan hidup kita sehari-hari selama ini. produk ini sangat berguna untuk kehidupan kita. oleh karena itu gunakan produk dengan tepat dan dengan sebaik-baiknya.

Saya mohon maaf apabila ada kekurangan dari penulisan blog saya ini.

Referensi diambil dari
Buku:Dasar Pemasaran
Oleh:Budi Budiarto
Penerbit: Universitas Gunadarma